BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Sunday , February 25 2018
Home / ARTIKEL UMUM / Perawatan Kecantikan dengan Tomat
tomat1

Perawatan Kecantikan dengan Tomat

Tomat merupakan komoditas penting hortikultura yang senantiasa dibutuhkan hampir dalam setiap kuliner Indonesia khususnya untuk padu padan sayuran. Tidak hanya itu, tomat ternyata besar manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Di dalam buah tomat mengandung banyak sekali nutrisi penting yang sangat di butuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K dan vitamin B6 serta mengandung kalium, folat, thiamin, niacin, magnesium, tembaga, fosfor. Selain itu mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung.

Berikut akan dibahas manfaat tomat untuk perawatan kecantikan dari berbagai sumber.
1. Melindungi kulit dari sengatan matahari
Tahukah Anda tomat mengandung zat likopen. Zat ini mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari secara langsung. Caranya cukup mudah. Cukup dengan menggosok-gosokan buah tomat pada kulit yang tidak terlindungi. Lakukan secara rutin sebelum ada melakukan rutinitas di luar ruangan. Kalau perlu, tambahkan dengan tabir surya.

2. Menyehatkan rambut dan kulit kepala
Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, rambut kering, rambut berminyak atau berketombe, Anda bisa menggunakan tomat sebagai salah satu jenis perawatan rambut. Selain itu tomat juga bisa menghaluskan dan melembutkan rambut anda. Caranya yaitu dapat anda konsumsi langsung buahnya atau dengan menghaluskan buah tomat menggunakan blender, lalu tambahkan 2 sendok makan madu kemudian aduk rata. Setelah itu, campuran ini dapat anda gunakan sebagai kondisioner rambut sampai merata. Selanjutnya bersihkan dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin 1 minggu sekali dan rasakan hasilnya.

3. Menghilangkan jerawat
Pada tomat terkandung vitamin A dan C. Kedua kandungan tersebut diperlukan pada obat jerawat. Selain Vitamin A dan C, tomat juga mengandung banyak asam yang dapat menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit ruam kemerahan. Untuk ukuran jerawat yang kecil, Anda hanya perlu menggosokkan potongan tomat segar pada wajah atau bisa juga dijadikan masker selama satu jam setelah dibersihkan dahulu dengan air hangat. Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari, dalam beberapa hari jerawat pun akan hilang.

4. Mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah
Untuk perawatan mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah, tomat dipakai dalam bentuk masker. Caranya, blender tomat lalu tambahkan dengan satu sendok makan air. Usap wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kapas. Terakhir pijat seluruh permukaan kulit wajah secara merata selama 15 menit

5. Mencerahkan kulit
Sebal dengan wajah kusam Anda? Gunakan saja tomat yang mempunyai kandungan vitamin C dalam jumlah banyak yang siap mengatasi masalah yang sedang menimpa Anda.

Caranya pun tidak sulit, Anda siapkan satu atau dua potong tomat segar, iris ukuran cukup tebal. Gunakan tiap irisan untuk menggosok wajah secara merata. Dalam seminggu lakukan rutin setiap hari agar memberikan hasil maksimal, kulit tampak bersinar dan sehat.
6. Mengatasi permasalahan kulit berminyak
Beberapa orang ada yang memproduksi sebum berlebihan. Produksi sebum berlebih dapat membuat wajah dipenuhi minyak dan bila terlihat dari jauh menjadi berkilau. Apabila tidak segera diatasi beragam masalah lain siap hadir juga pada wajah Anda, seperti jerawat, flek hitam, dan bahkan komedo.

Cara mengatasi kulit berminyak dengan tomat adalah dengan membuat masker jus dari 2 potong tomat yang dicampurkan dengan 4 sendok makan jus mentimun. Gunakan masker tersebut pada wajah dengan cara mengoles pakai kapas, kemudian diamkan hingga kering dan bilas sesudahnya. Jika rutin melaksanakannya, minyak pada wajah akan lebih terkontrol dan pori-pori ikut mengecil. (Dsy)

Selamat mencoba!

Sumber:
http://cakrawalasehat.blogspot.co.id/2014/11/manfaat-tomat-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html
http://inkesehatan.blogspot.co.id/2014/09/fakta-dan-manfaat-tomat-yang-luar-biasa.html

Disusun oleh: Desy Puspitasari

About desy

Pranata Humas - Direktorat Jenderal Hortikultura

Check Also

TIFF_2017

TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL (TIFF) 2017

Pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 adalah dalam rangka mendukung program pemerintah Wonderful Indonesia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>