BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Monday , July 23 2018
Home / BERITA UTAMA / Ditjen Hortikultura Maksimalkan Manajemen Tanam Guna Melawan Spekulan
tanam1

Ditjen Hortikultura Maksimalkan Manajemen Tanam Guna Melawan Spekulan

Jakarta (27/12) – Bersama dengan Dinas Pertanian setempat dan para petani, Kementerian Pertanian menjaga betul stok pangan khusunya cabai dan bawang. Pola tanam diatur agar setiap saat ada panen. Pola tanam diterapkan tidak hanya guna menjaga stok aman, namun sekaligus menjaga kestabilan harga.

Berbicara mengenai harga, Dirjen mengilustrasikan bahwa kendali harga ada di pelaku usaha. Seandainya pedagang tidak membeli dari petani dalam satu hari saja, maka saat itu harga akan terguncang.

“Tehniknya begini, saya sebagai pelaku usaha, kalau satu hari saja saya tidak beli, saya bisa pengaruhi harga. Dalam dua hari saja tidak beli dari petani maka saya mampu mengendalikan harga”, jelasnya.

Meskipun demikian, memang sudah ada Permendag yang memberikan acuan. Namun yang kita ingin sesungguhnya adalah aturan. Seperti yang diterapkan oleh Malaysia. (Dsy)

About d@in_horti

Check Also

BPP

Banyuwangi Sentra Baru Bawang Putih Nasional

Banyuwangi — Percepatan gaung bawang putih semakin nyata dengan bertambahnya calon sentra baru di Kecamatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>